Kandungan Bawang Merah

wahyudotasia, July 7, 2018

KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA BAWANG MERAH

Bawang merah adalah sejenis umbi yang sangat populer. Tanaman  ini dapat tumbuh dengan baik di ladang atau bahkan di sawah yang cukup terkena sinar matahari. Jenis tanaman ini ternyata sangat kaya akan kandungan zak-zat yang berguna untuk tubuh kita. Untuk memperoleh manfaatnya, mari kita mengenal lebih jauh dengan kandungan bawang merah yang meriah ini. Berikut kandungan – kandungan pentingnya:

Saponin
Zat ini bisa membantu untuk mengencerkan dahak ketika Anda terkena penyakit batuk. Dahak harus diencerkan karena dahak yang padat akan mengganggu pernafasan dan juga membuat tenggorokan sakit ketika batuk. Zat ini merupakan apotik hidup yang sangat mujarab sebagai obat batuk.

Flavonglikosida
Zat yang terkandung di bawang merah merah ini sangat ampuh untuk membunuh bakteri, sehingga orang sering mempergunakan zat ini untuk pengobatan luka dan infeksi agar tidak meradang. Zat ini sangat ampuh sebagai obat luka.

Minyak Atsiri
Minyak atsiri manfaatnya adalah:

  1. Memiliki aroma yang khas, jika dihirup bisa menghilangkan pusing juga mengembalikan kesadaran ketika pingsan atau mabuk perjalanan baik darat, laut, maupun udara. Minyak atsiri ini sangat cocok untuk dibawah dalam perjalanan, karena minyak atsiri  ini berfungsi sebagai obat pencegah mabuk darat, laut maupun udara.
  2. Minyak atsiri ini juga berguna untuk pemijatan saat mengeluarkan angin dari perut dan melancarkan peredaran darah. Ketika anda masuk angin atau terkena penyakit lain akibat peredaran darah yang tidak lancar seperti haid yang tidak lancar pada wanita, pemijatan dengan minyak atsiri ini bisa dilakukan.
  3. Selain itu minyak atsiri juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka lecet pada puting ibu menyusui dan juga busa untuk mengobati wasir. Minyak atsiri merupakan obat terbaik untuk mengobati penyakit wasir.

Sikloaliin
Zat sikloaliin ini sangat ampuh untuk menurunkan suhu tubuh. Zat ini memiliki kandungan yang sama dengan kandungan lainnya pada bawang merah, yaitu metialiin, kuersetin, kaemfreol, dan floroglusin. Kelima zat tersebut adalah obat penurun panas atau suhu tubuh yang sangat ampuh. Sehingga zat sikloaliin ini dapat digunakan untuk obat demam. Zat sikloaliin adalah sejenis obat yang terkenal sebagai obat penuh panas yang luar biasa.

Floroglusin
Zat floroglusin pada umbi bawang merah selain dapat menurunkan suhu tubuh, juga bisa mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Zat floroglusin merupakan salah satu obat pencegah kanker yang baik.

Dihidroaliin
Zat ini membantu melancarkan pengeluaran air seni bagi orang yang bermasalah dengan buang air kecil. Berdasarkan uji klinis, zat dihidroaliin bisa mengatasi masalah penyakit kandungan air seni. Zat ini banyak digunakan oleh orang yang bermasalah dengan buang air kecil.

Peptida
Peptida pada bawang merah sangat berguna juga untuk mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga dengan bawang merah anda juga bisa mengobati kencing manis atau diabetes. Peptida oleh para ahli dibuat menjadi obat diabetis.

Vitamin dan Mineral
Sudah dipastikan bahwa semua bawang merah mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C yang berguna untuk metabolisme tubuh manusia. Jika metabolisme tubuh lancar maka badan Anda akan sehat. Jadi dengan banyak mengkomsumsi bawang merah, anda akan mendapat asupan vitamin & mineral yang cukup untuk tubuh kita.

Kembali ke Beranda Grosir Bawang Merah dan Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Widgetized Sidebar

This panel is active and ready for you to add some widgets via the WP Admin